10 TIPS GAGAH MENGHADAPI UNAS

 Well, pada hari ini, tanggal 21 April 2011,  ujian nasional tingkat SMK / SMA telah sampai pada titik penghabisannya. UNAS yang membuat masjid ramai oleh anak kelas tiga SMK / SMA selama beberapa saat itu telah lunas dikerjakan secara serentak di seluruh penjuru negeri. Karena tahun ini Aku kelas tiga, tentu saja Aku ikut menyemarakkan gawenya departemen pendidikan yang dihina sana-sini karena hanya mementingkan aspek kognisi tanpa memperhatikan aspek lainnya. Sudahlah, kita tidak usah ikut menghina apa yang memang sudah hina. Lelucon yang dibudayakan.

UNAS tak ubahnya kantin kejujuran. Memangnya Indonesia jujur gitu? Stake holder terkait pada menggembar-gembor "Kami jamin UNAS TAK AKAN BOCOR! Naskah soal itu rahasia negara dan telah dijaga ketat oleh kepolisian," . Aku ingin tertawa sampai bergulung. Emang polisi sini jujur? Perasaan cuma kompak komentar kalau ada anggotanya joget India. Sampai diberi beasiswa segala macam. Waktu isu rekening gendut polisi, ya kompak juga. Bungkam berjamaah.

"UNAS MASIH CURANG" jadi headline koran besar di hari kedua UNAS, tanggal 19 April. Ironis! Unas masih curang dan sekolahku, SMKN 1 Surabaya tidak kebagian bocoran. Otomatis, hari pertamapun kami jalani UNAS dengan objektif. Bravo buat pemerintah. Nah, kalau kata orang pengalaman adalah guru paling berharaga, maka Aku ingin membagi barang mahal itu. Tips yang Aku buat ini bisa diaplikasikan pada adek-adek SMP yang akan melalui ujian nasional sebentar lagi.

# TIPS 1 : BAWA PERALATAN SEPERLUNYA SAAT UJIAN
Saat ujian, bawalah alat seperlunya. Cukup menyiapkan pensil, rautan dan pengahapus. Tidak perlu membawa obeng, palu, linggis, bor listrik, dan cangkul. Ingat! Kamu akan mengerjakan soal ujian, bukan mengerjakan pekerjaan bangunan.



#TIPS 2 : BERBAIK-BAIKLAH KEPADA PENGAWAS SEPERTI PEJABAT KEPADA RAKYAT
Waktu pengawas baru masuk kelas ujian, mulailah dengan pengakraban diri pada pengawas. Ajak bicara ngalor ngidul kemudian tanya apa Ia sedang lelah atau tidak. Jika sedang lelah, lekas pijat-pijat pundaknya dengan halus dan seenak mungkin. Waktu si pengawas hanyut pada pijatanmu yang melenakan, segera getok kepalanya pake kursi hingga pingsan.

#TIPS 3 : JANGAN MENONTON VIDEO PORNO SAAT UJIAN
Tips ketiga ini khususnya untuk yang aktif organisasi. Misal bercita-cita jadi DPR. Ingat, seislami apapun kamu, saat di ruang sidang, eh, di ruang ujian, jangan sampai membuka video porno dengan media apapun. Karena walau kamu berkelit cuma nonton dua detik dan dari e-mail nyasar, orang-orang tak akan percaya walau kamu brewokan.


#TIPS 4 : REKAM VIDEO SAAT KAMU SEDANG UJIAN
Rekam saja dirimu sendiri saat ujian dengan kamera hape seadanya. Kalau perlu sambil joget dan lypsing lagu india. Siapa tahu kamu langsung meroket kayak briptu norman. "SISWA JOGET SAAT UJIAN NASIONAL" tuh, keren banget nggak sih? siapa tahu kamu dipanggil ke Jakarta, diundang tukul, ovj, dll. Terus dapet beasiswa dari universitas yang nngak laku tapi ikut numpang beken.


#TIPS 5 : HILANGKAN SIKAP PARANOID
Jangan parno saat menghadapi ujian walau ada embel-embel "nasional"-nya. Untuk menghilangkan rasa takut dan kaki yang gemetar, kamu bisa mengalungkan kalung bawang merah di lehermu.  Sekalian bawa jelangkung kemudian pajang di sudut meja, dekat nomor ujian yang tertempel disitu. Agar terlihat lebih berani. Jangan lupa bawa Al-qur'an buat baca ayat kursi waktu kamu ngeliat setan saat ujian. Kalau belum bisa membaca Al-Qura'an, boleh membawa iqrok jilid satu.

#TIPS 6 : BERI PERHATIAN PADA BOCORAN
Berilah harapan dan atensi besar pada bocoran. Jika tidak memberi perhatian yang cukup pada bocoran, siap-siap tidak lulus ujian. Bukan karena penelitian yang menunjukkan bahwa jika UNAS dilaksanakan secara objektif di seluruh Indonesia tingkat kelulusannya hanya 40%, tapi pikirkan lagi, ini masa depan, kalau Lembar jawaban ujianmu kena tetesan bocoran dari atap, lantas tidak bisa terbaca scanner komputer dan Anda di diskualifikasi. Bukankah sangat beresiko? makanya, jiak perlu, bawa ember dan bak ke ruangan ujian. Jangan remehkan bocoran genteng.


#TIPS 7 : RILEKS
Rileks saja. Tenang. Jinakkan pikiran. Aku tahu UNAS begitu menguras energi dan esmosi. Tapi cobalah tenangkan pikiran, rileks, stay cool, rebahkan kepalamu dengan santai di meja ujian dan biarkan matamu terpejam. Tidurlah dengan nyenyak. Bangun setengah jam sebelum UNAS berahir. Kalau perlu bawa jam weker dengan intensitas suara yang menggelegar. Pasti bangun-bangun langsung segar seluruh tubuh. Orang bila bilang itu namnya "power nap"

#TIPS 8 : PASANG WAJAH MELAS
Jangan khawatis. Tak belajarpun tak apa-apa. Bukankah UNAS cuma tiga/empat hari? ngapain repot-repot belajar keras enam bulan? Pasang wajah melas kepada teman-temanmu, pakai pepatah-pepatah bijak tentang persahabatan, pasti temanmu menaruh kasih dan membantumu, langsung tanya "1-50?!". Kalau perlu, gambar wajah semelas mungkin di selembar kertas bufalo putih seukuran wajah, kemudian gunting dan beri karet gelang pada bagian teling. Pakai di wajahmu agar efek melas terlihat lebih jelas.


#TIPS 9 : PAKAI ROMPI BOM 
Coba minta pengawas keluar dari kelas selama ujian agar sekelas lebih leluasa contekan. Kalau tidak mau dengan dalih itu melanggar SOP (standard operational procedure) , langsung buka kancing seragammu dan tunjukkan rompi bom yang sudah kamu siapkan. Pasang jam dinding dibagian depan agar terliaht lebih dramatas. tik.. tok.. tik.. tok..


#TIPS 10 : PAKAI SENJATA PAMUNGKAS
Berdoa!

WARNING : KEBIJAKAN PEMBACA DIANJURKAN

Popular Posts