SI BULAN SUCI YANG DIPERLAKUKAN TIDAK SUCI

Saya tidak dapat memahami bagaimana kapitalisme dapat memiliki seribu wajah. Saya benci agama orang tua mereka dijadikan atribut demi meraup simpati para orang-orang berdompet tebal. Ini lebih konyol daripada dompet bergambar Tuhan yang diselipkan di saku celana bagian belakang. Menaruh dompet bergambar Tuhan di bokong lebih masuk akal dari pada memakai Tuhan sebagai atribut mencari uang.

KOPIAH DAN KERUDUNG PEGAWAI RESTORAN

Saat bulan puasa, pegawai restoran ayam goreng bermaskot badut memakai peci hitam dan kerudung sambil cengar-cenger kepada pengunjung. Di luar bulan puasa, mungkin peci dan kerudungnya ditinggal di tempat londrian, atau jadi taplak meja kantor supervisornya mungkin.

BUSANA MUSLIM PEMBAWA ACARA GOSIP



Well done, menggunjing dengan busana muslim di acara gosip di televisi seperti membolehkan orang memperkosa sambil zakat. Bukan hanya acara gosip, program TV serentak penuh ketupat, ornamen-ornamen menjalar khas timur tengah, font-font kearab-araban, dan ya.. memakai busana muslim. Belahan dada hanya tidak boleh ditunjukkan dibulan ramadhan. Biar keliatan menghormati bulan puasa, pemirsa simpati, iklannya banyak.

KOTAK UANG DI PERSIMPANGAN

Di lampu merah perempatan jl.kaliurang, saya berhenti karena lampu lalu lintas menunjukkan warna merah. Bukan bermaksud memberi tahumu perihal ketidakbutawarnaan saya, tapi beberapa kali saya melewati persimpangan jalan itu, selalu ada sekomplot anak jalanan, bertato, lusuh, pakaian gombrong dan muka dekil membawa sebuah kotak kerdus dengan tulisan "AMAL DI BULAN SUCI UNTUK ANAK DUAFA". Mereka menodong-nodongkan kardus tersebut dengan cara yang sedikit memaksa. Kenapa ramadhan harus dikapitalisasi bahkan pada tingkat pedagang penjual belas kasihan?

SELAMAT MENUNAIKAN IBADAH PUASA

Jalanan menjelma lautan spanduk politisi, produk sirup, rokok kretek, sampai kondom rasa stroberi yang menyampaikan pesan yang sama : SELAMAT MENUNAIKAN IBADAH PUASA.
Terima kasih untuk ucapak selamatnya, kami akan membeli semua produk anda karena kami sangat simpati dengan ucapan selamat anda, kalian kompak sekali.

MELAGUKAN TUHAN

Bagus sekali, Tuhan suka dengan musik rock yang gedubrakan yang menggambarkan dirinya. Atau nada mendayu-dayu yang liriknya sangat miskin. Waktu ramadhan, mulai rocker, rapper, penyanyi menye, sampai biduan dangdut tiba-tiba tobat seperti diprogramkan pemerintah. Kompak menggunakan nama Tuhan pada liriknya, nyanyinya sambil merem-merem, nyoba inget-inget kunci nadanya. Saat musim ramadhan berakhir, Tuhan selesai kontraknya dengan lirik-lirik lagu.

Maaf saya jadi apatis. Selamat menunaikan ibadah puasa!

Popular Posts